Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi

Advertisment
Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi | Ketika sedang asyik menggunakan laptop, tiba-tiba touchpad laptop anda tidak berfungsi, anda jangan terlalu panik menghadapi masalah itu, karena disini saya akan berbagi cara untuk menghadapi masalah tentang touchpad yang tidak berfungsi ini. Ada 2 cara untuk memperbaiki touchpad. Untuk cara pertama :

Disini kerusakan lebih pada settingan touchpad sendiri (klik yang saya maksud disini adalah klik di tengah touchpad). Untuk menggeser atau menggerakkan pointer bisa, jika menggunakan button bisa digunakan untuk klik kanan dan klik kiri, tetapi masalahnya adalah tidak bisa digunakan untuk klik langsung ditengah touchpad. Caranya :
  • Sebenarnya hanya ada kesalahan kecil saja pada settingan touchpad, yaitu tidak tercentang menu "Tap to Click". Anda bisa mencari icon touchpad tersebut di pojok bawah desktop anda. Gambar icon settingan touchpad berbeda di setiap merk laptop tertentu. 
  • Klik kanan icon touchpad pada taskbar kemudian centang "Tap to Click"
  • Touchpad sudah berfungsi normal kembali
  • Jika masih belum berfungsi maka restart laptop anda dan lakukan seperti cara yang di atas.
Cara kedua:
  • Pastikan touchpad tidak tersetting disable/non aktif dari software touchpad bawaannya (Seperti cara yang pertama)
  • jika settingan touchpad sudah benar (aktif/on) di software touchpad bawaan dan touchpad masih belum bisa bekerja normal kembali, maka troubleshooting dilakukan ke tingkat kedua yaitu : hapus driver mouse/touchpad dari Device Manager dengan melakukan tahap2 sebagai berikut : masuk ke control panel –> system –> device manager. kemudian cari bagian mice and other pointing device –> klik simbol di sampingnya kemudian hapus driver yang bernama Synaptics PS/2 Port Touchpad dengan cara arahkan pointer mouse di driver tsb –> klik kanan –> pilih delete.
  • Setelah melakukan delete driver, restart kembali laptop sobat agar driver touchpad tersebut bisa refresh kembali dengan cara automatit install waktu OS windowsnya up kembali.
Demikianlah artikel tentang Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi, semoga artikel kali ini dapat membantu dan bermanfaat bagi anda. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.
Advertisment

Related Posts:

0 Response to "Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi"

Posting Komentar