Cara Memperbaiki Speaker Komputer Yang Rusak

Advertisment
Cara Memperbaiki Semua Masalah Speaker Komputer - Jika tiba tiba sound system anda / speaker tidak berfungsi dengan baik dan tidak mengeluarkan suara seperti yang seharusnya, anda jangan terlalu panik dengan masalah itu.

cara memperbaiki speaker komputerDibawah ini saya akan menerangkan beberapa tips singkat tentang bagaimana cara memperbaiki speaker komputer. meskipun cukup mendasar dan umum, tapi saya kira ini sangat penting dan berguna. Semuanya itu jangan di anggap remeh, karena masalah terkecil dalam hardware komputer bisa fatal akibatnya. Simak baik-baik :
 
1. Speaker yang tidak mengeluarkan suara. Caranya :
  • Periksa pemasangan kabel agar kabel terhubung dengan baik pada motherboard dan ke arus listrik
  • Pada speaker tertentu terdapat cd driver speaker bawaan. Pastikan agar cd driver speaker terinstal pada komputer. Anda dapat juga menginstal ulang driver speaker tersebut pada komputer anda untuk mengatasi masalah jika file hasil instal dikomputer anda corrupt atau error
  • Langkah berikutnya, atur volume speaker melalui volume control. Caranya adalah melalui Start > Control Panel. Pilih Printer and Other Hardware
  • Klik pada bagian Sound, Speech and Audio Devices. Lalu klik lagi pada bagian Advanced Volume Controls.
  • Perhatikan agar status master volume tidak dalam keadaan mute. Bila ya, hilangkan tanda centang pada pilihan Mute tersebut.
  • Klik Apply dan Ok
2. Speaker tidak mengeluarkan power. Caranya : Cek kondisi kabel power dan kabel penghubung lainnya, apakah sudah tertancap dengan benar. terkadang kabel longgar bisa berpengaruh.

3. Speaker tidak mengeluarkan bunyi. Caranya : Periksa cek apakah jack speaker menuju komputer sudah benar, port speaker pada PC biasanya berwarna hijau terang. jack menuju subwoofer juga harus tertancap dengan benar.

4. Pengecekan suara. Caranya : Pada PC, pasang headphone pada "port speaker" untuk melihat apakah ia bekerja atau tidak. Jika terdapat suara, berarti speaker anda mengalami gangguan /rusak.

5. Pengecekan suara pada laptop. Caranya : Pasang headphone pada "headphone out jack" Jika muncul suara, berarti anda salah passang dan konfigurasi jack atau bisa juga speaker anda rusak.

6. Periksa default playback. Caranya : Kembali ke control panel, sound panel ( pada Windows XP "Sound and Audio Devices” dan pada Vista dan Windows 7® "Sound" ) dan pastikan bahwa "playback device" bekerja dengan baik.
 
7. Periksa instalasi driver audio. Caranya : Pada control panel, pilih "Device Manager" dan periksa seting pada "sound, video and games controllers". Jika terdapat driver yang tidak terinstal dengan baik, akan terlihat tanda "x" merah, aktifkan perangkat jika ada "x" merah di atasnya. Atau instal ulang sound driver jika ada tanda seru "!" di atasnya.

Demikianlah artikel tentang Cara Memperbaiki Speakor Komputer Yang Rusak, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.
Advertisment

Related Posts:

0 Response to "Cara Memperbaiki Speaker Komputer Yang Rusak"

Posting Komentar