Komponen Komputer

Advertisment
Komponen Komputer | Sebuah komputer bisa dijalankan atau beroperasi membutuhkan ke 3 komponen ini. Adapun ke 3 komponen komputer ini adalah:

hardware, software dan brainware

Perangkat keras (hardware)

Perangkat Keras yaitu perangkat keras yang terapat pada sistem komputer dan merupakan perangkat komputer yang mudah dilihat
 
Contohnya : Keyboard , Mouse , Monitor , Printer , Speaker
 
Agar komputer dapat disebut sebagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi perlu ditambah jaringan pendukung seperti modem , ethernet , kabel penghubung , telepon , hub , router reater , acces pioint dan sebagainya.

Baca selengkapnya disini (Perangkat Keras)

Perangkat lunak (software)

yaitu suatu program yang berisi intruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa komputer dan dimengerti oleh perangkat  keras komputer
 
Software terbagi 2 :
  1. software sistem operasi , contohnya : Windows, Linux, ataupun Ubuntu
  2. software aplikasi , contohnya : word processing, spread sheet, auto card, acces dan sebagainya

Brainware

Brainware Komputer adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan data.

Berdasarkan tingkat pemanfaatannya, brainware komputer dibagi dalam 4 tingkatan :
  1. System Analyst adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan. System Analyst juga memegang peranan yang sangat penting dalam proses pengembangan sistem.
  2. Programmer adalah seseorang yang mempunyai kemampuan menguasai salah satu atau banyak bahasa pemrograman seperti bahasa C, Pascal, Java, dll. Programmer juga bisa dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang akan dirancang.
  3. Administrator adalah seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem komputer atau jaringan komputer.
  4. Operator adalah pengguna biasa yang hanya memanfaatkan sistem komputer yang sudah ada atau istilahnya dia hanya menggunakan apilkasi-aplikasi tertentu.

Demikianlah Materi kali ini mengenai "Komponen Komputer". Semoga bermanfaat buat kalian semua.
Advertisment

Related Posts:

0 Response to "Komponen Komputer"

Posting Komentar