Cara Mengatasi Start Up BIOS Komputer

Advertisment
Cara Mengatasi Start Up BIOS KomputerBasic Input Output System (BIOS) merupakan lokasi penyimpanan program dasar termasuk settingan tanggal dan jam. Penyimpanan tanggal dan jam serta settingan dasar perangkat komputer ini disimpan dengan membutuhkan daya berupa battery, apabila battery BIOS mengalami masalah (low battery) maka semua settingan awal pada BIOS akan kembali ke settingan pabrik sehingga tanggal dan jam juga ikut berubah ke tanggal pabrik, dengan demikian setiap kali kita menghidupkan komputer selalu muncul pesan Press DEL to Setup atau F1 to Continue Ini dengan maksud agar kita harus mengubah settingan tanggal dan jam sesuai dengan tanggal dan jam saat itu atau kalau memijit F1 berarti kita tidak mengubah apa-apa di BIOS (sesuai settingan pabrik)

cara mengatasi start up bios
Untuk mengatasi masalah start up BIOS tidaklah sesulit yang anda bayangkan, karena komputer anda secara keseluruhan tidak rusak, yang perlu di perhatikan adalah daya battery atau biasa disebut battery CMOS untuk BIOS sudah tidak mampu menyimpan settingan BIOSnya.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi komputer saat yang selalu meminta masuk ke settingan BIOS ketika di hidupkan. Berikut ini tipsnya :
  1. Gantilah battery CMOS dengan yang baru.
  2. Dalam pemasangan harus hati-hati, di khawatirkan akan merusak komponen dari motherboard.
  3. Setelah di ganti yang baru, hidupkan komputer anda dan setting BIOS sesuai jam dan tanggal di tempat anda.
  4. Untuk pengetesan, setelah masuk windows coba restart kembali komputer. Dijamin ketika start up tidak akan muncul lagi pesan Press DEL atau Press F1
Apabila setelah mengganti battery CMOS kemudian masih menimbulkan pesan Press DEL to Setup atau F1 to Continue, itu berarti ada kerusakan pada komponen motherboardnya. Saya sangat kuat menyarankan pada point nomor 2, itulah penyebab kerusakan motherboard.

Demikianlah artikel tentang Cara Mengatasi Start Up BIOS Komputer, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi anda. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.
Advertisment

Related Posts:

0 Response to "Cara Mengatasi Start Up BIOS Komputer"

Posting Komentar